New blog post

Benjolan kecil di anus itu apa - benjolan di luar anus tapi tidak sakit . Sulit Buang Air Besar?duduk tidak nyaman?apa ini gejala wasir? .di dubur saya muncul daging seperti bulat kecil seperti kelereng apa ini gejala wasir ambeien y dok? rasanya sangat sakit saat bab.soalnya sorenya sy buang air besar susah banget dan keras lalu bsk siang nya muncul bulat kecil di dubur sakit banget rasanya.setiap buang air besar rasanya sakit dan perih di daerah dubur tp gak ada darahnya pernah jg sy waktu hamil dulu buang air besar keras di sertai darah banyak tp gak kluar bulatan nya.

 

TANAMAN OBAT WASIR DAUN UNGU UNTUK ATASI WASIR atau AMBEIEN

 

Tanaman daun wungu mempunyai kandungan kimia antara lain alkaloid non toksik,flavonoid, glikosid, steroid, saponin, tanin, calsium oksalat, asam format, dan lemak.Benjolan kecil di anus itu apa Dengan berbagai kandungan kimiawinya ini daun wungu mempunyai sifat sebagai antiinflamasi, peluruh air seni, mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan, pelembut kulit kaki, melunakkan faeces dan mengempiskan wasir.

 

SEKILAS tentang penyakit WASIR atau AMBEIEN

 

Wasir merupakan penyakit yang ditandai dengan pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah vena di daerah anus. Bila ada tekanan seperti mengejan ketika sembelit, wasir dan jaringan di sekelilingnya menjadi membengkak dan dapat menonjol keluar dari saluran pelepasan atau anus, biasanya juga disertai dengan keluarnya darah segar.

 

 

 

 

Dalam beberapa kasus, wasir atau ambeien disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada saat olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernafasan, terlalu banyak duduk atau berdiri, faktor genetika (keturunan), mengejan terlalu keras saat buang air besar. Wasir merupakan penyakit yang rawan menyerang kaum wanita di banding dengan kaum pria karena wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh balik atau pembulu vena misalnya pada saat haid atau hamil.  Menghilangkan Benjolan Kecil di Lubang Anus

 

Secara umum, wasir di bagi menjadi 2 yaitu wasir internal dan wasir eksternal yang dimana ke 2 nya memiliki arti yang berbeda yaitu :

 

 

  1. Wasir Internal yaitu pembengkakan yang terjadi dalam rektum sehingga tidak bisa di lihat atau di raba. Pembengkakan jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum. Ciri ciri yang dapat di ketahui yaitu pendarahan pada saat buang air besar.
  2. Wasir Eksternal yaitu wasir yang menyerang anus sehingga akan menimbulkan rasa sakit, perih dan gatal. Jika terdorong keluar oleh feses wasir ini akan mengakibatkan penggumpalan (trombosis) yang menjadikan wasir berwarna biru-ungu. 

 

 

GEJALA PENYAKIT WASIR atau AMBEIEN secara UMUM

 

Berikut ini akan disampaikan beberapa tanda-tanda atau gejala penyakit wasir yang umum ditemui:

 

  • Terdapat Darah keluar dari Dubur (Anus). Adanya darah segar di kertas toilet, di dalam toilet atau pada tinja sehabis BAB. Pembesaran pembuluh darah bisa diakibatkan oleh aktivitas mengejan saat BAB. Lantaran pembuluh vena itu tipis dan mudah pecah, maka ketika Anda mengejan maka pembuluh darah di sekitar anus membesar dan ketika bergesekan dengan feses atau kotoran yang keras maka bisa saja akan menyebabkan pendarahan pada saat BAB. Benjolan di anus itu apa
  • Dubur (Anus) terasa panas. Rasa panas terjadi biasanya saat duduk terlalu lama atau sehabis buang air besar (BAB). Rasa panas terdapat di anus akibat penekanan pada vena yang sudah mulai membesar. Sehingga terasa kurang nyaman saat duduk dalam waktu yang lama atau beraktifitas.
  • Timbul Rasa Nyeri. Rasa nyeri atau sakit terjadi di anus terutama setelah BAB. Rasa nyeri bisa jadi diakibatkan dari pembuluh darah yang pecah, terutama karena ada penekanan dari feses. Atau rasa nyeri dapat timbul akibat luka yang dihasilkan dari gesekan antara pembuluh darah yang terbuka dan menyebabkan pendarahan dengan kotoran (feses). Menghilangkan Benjolan Kecil di Lubang Anus
  • Terdapat tonjolan. Pembesaran pembuluh darah dapat berbentuk tonjolan yang keluar dari anus. Biasanya jika sudah mulai ada tonjolan artinya wasir sudah memasuki tahap selanjutnya. Apabila tonjolan masih dapat dimasukan secara spontan ke dalam anus, maka artinya wasir belum terlalu parah namun sudah harus mendapatkan penanganan segera. Tapi apabila tonjolan tersebut tidak dapat masuk dengan sendirinya maka Anda harus memasukkan kembali tonjolan tersebut ke dalam bagian anus dengan tangan.
  • Timbul rasa gatal pada anus. Rasa gatal yang timbul pada anus dipicu oleh infeksi dari luka pada pembuluh darah yang pecah. Lantaran anus merupakan tempat bermuaranya feses, maka kemungkinan infeksinya juga tinggi. Oleh sebab itu sebaiknya setelah melakukan buang air (BAB) Anda harus membersihkan dengan teliti jangan sampai ada sisa kotoran atau feses yang menempel. 

 

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya? Berikut adalah 4 langkah yang bisa Anda lakukan untuk meringankan wasir Anda.

 

  • Ambillah obat penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Anda dapat mengambil tablet oral, krim oles atau supositoria anus. Pemberian gel lidah buaya (aloe vera) pada area dubur juga dapat membantu mengurangi peradangan. Alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan obat alami berbasis daun ungu (graptophyllum pictum) untuk melawan wasir. Daun ungu adalah tanaman yang berasal dari New Guinea dan Polinesia.Cara mengobati BAB berdarah Saponin, alkaloid, glikosida dan zat lain yang terkandung pada daun ungu dapat menghambat peradangan wasir dan membantu proses pencernaan yang membuat tinja lunak. Efek anti-inflamasi saponin cukup kuat untuk mengatasi wasir yang parah sekalipun.
  • Bersihkan area dubur dengan baik setiap selesai buang air besar. Anda tidak perlu menggunakan sabun karena dapat meningkatkan iritasi. Untuk mengeringkan daerah sekitar wasir, Anda bisa menggunakan tisu lembut yang biasa digunakan untuk bayi.
  • Kurangi rasa nyeri dengan duduk dalam air hangat (sitz bath) tiga atau empat kali sehari selama 10 sampai 15 menit. Anda juga dapat menerapkan kantung es atau kompres dingin pada daerah dubur selama sekitar sepuluh menit, tiga atau empat kali sehari untuk mengurangi pembengkakan pembuluh darah.
  • Cegah atau kurangi sembelit. Pilihlah makanan tinggi serat (sayuran, buah-buahan dan biji-bijian) dan perbanyak minum. Hindari teh dan kopi untuk sementara.

 

 

"Jika wasir Anda sangat menyakitkan, tidak merespon perawatan sendiri atau sering kambuh lagi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter Anda".

 

Selain itu, perawatan berikut ini juga dapat menyembuhkan wasir atau ambeien :

 

   

  •  Ligasi pita karet, adalah teknik di mana band elastis digunakan pada wasir yang ditempatkan 1 cm di atas garis dentate sehingga pasokan darah tidak terjadi. Setelah ini ambeien akan hilang dalam waktu 6-7 hari. Garis dentate adalah garis yang membagi atas dan saluran bawah anus .
  • Sclerotherapy adalah terapi di mana agen sclerosing seperti fenol dan melibatkan suntikan agen sclerosing, seperti asam karbonat atau asam phenic yang disuntikkan ke dalam hemoroid. Dengan melakukan ini maka diyakini wasir akan menyusut atau kering karena dinding pembuluh darah yang runtuh.
  • Kauter (pembakaran), adalah metode yang digunakan untuk pengobatan kauter hemoroids. The dapat dilakukan dengan menggunakan elektrokauter. Sedangkan Kauterisasi elektro adalah proses di mana jaringan yang dihancurkan dengan menggunakan konduksi panas dari logam dan dipanaskan oleh arus listrik. Radiasi inframerah atau laser yang juga dapat digunakan untuk ini .
  • Hemorrhoidectomy berarti eksisi ambeien pembedahan. Hal ini dilakukan hanya dalam kasus yang parah hemoroids yang menyebabkan banyak rasa sakit dan memakan waktu sekitar satu bulan untuk pemulihan .

 


PANTANGAN MAKANAN UNTUK PENDERITA WASIR atau AMBEIEN

 

 

Penjelasan Dibawah ini ada beberapa jenis pantangan makanan untuk penderita ambeien atau wasir meski anda jauhi agar menghasilkan kesembuhan maksimal jika sedang dalam masa pengobatan.

  • hindari Makanan yang terlalu pedas dan asam yang berlebihan karena dapat memperburuk keadaan anda.
  • Makanan olahan  (yang mengandung banyak gula dan sereal) juga sangar dilarang untuk dikonsumsi bila telah divonis menderita penyakit ambeien
  • Makanan yang mengandung banyak lemak
  • Makanan yang terlalu panas
  • minuman beralkohol

 

Selain Harus Menghindari Pantangan, Bagi Anda Yang Sedang Menderita Gejala Maupun Telah Divonis. Inilah Anjuran Makanan Bagi Penderita Ambeien, Perhatikanlah penjelasannya di bawah ini :

  • Makanlah Makanan Yang Kaya Akan Serat
  • Buah buahan Seperti misalnya : Apel, Jambu, Pepaya, nanas dll Sangat Dianjurkan Karena Mengandung Serat Tinggi
  • Penderita Ambeien Perbanyak Makan Sayuran Hijau Seperti wortel, bayam, buncis dll
  • Rutin Olahraga Ringan seperti joging, senam, dll
  • Gantilah minuman berwarna anda dengan air putih minimal 2 liter sehari

 

Write a comment

Comments: 0